CARA ini saya tulis berdasarkan pengalaman yang sudah saya lalui bertahun-tahun. Mungkin lantaran profesi, lalu beberapa teman, kerabat, terkadang meminta bantuan untuk menemani mengurus dokumen kependudukan.

Berganti-gantinya pejabat di instansi pencatatan sipil tidak membuat saya kesulitan, namun belakangan ini ketika akan mengurus akte dan e-KTP seorang teman, saya kehilangan orang yang biasa membantu mengurusnya. Ya meskipun tetap harus mengisi ini itu, melengkapi dokumen ini itu, tapi tetap agak mudah karena ada yang membantu menjelaskan dan mencarikan formulir isian.

Sementara, teman kantor yang saya minta untuk ke markas pencatatan sipil berkali-kali laporan kurang ini, kurang itu. Sudah berminggu-minggu begitu. Persoalan NIK ganda pun sempat menjadi kendala. Hanya saja, masalah NIK ganda memang saya minta diselesaikan dulu. Tapi, kok bisa? Halah sudahlah.

Kita masuk ke poin judul, cara mengurus dokumen kependudukan, gratis, tanpa syarat, anti ribet.

Jadi begini, setelah bertahun-tahun menjalani profesi jurnalis, sebelum ini saya belum pernah menemukan cara mengurus dokumen kependudukan tanpa syarat dan anti ribet.

Tapi…. kalau gratis itu relatif. Saya menemukan, ada yang dengan cara memberikan “ucapan terima kasih” pada petugas. Ada juga yang benar-benar mengurus sesuai prosedur dan keluar hasilnya, gratis.

Nah sampai saat ini pun, saya belum menemukan cara mengurus dokumen kependudukan, gratis, tanpa syarat dan anti ribet. Lagipula, mana ada mengurus ini itu tanpa syarat? Ngimpi.

Sekian! Terima Kasih, Salam Olahraga!

 

 

*NB: rasah ngomel cuk!