PARIWISATA menjadi salah satu sektor andalan di berbagai daerah di Indonesia. Belajar dari keberhasilan Provinsi Bali yang terlebih dahulu mengawalinya sejak lama, kini berbagai daerah di Indonesia coba mengeksplorasi potensi ini. Tak dipungkiri, sektor ini di berbagai provinsi, mampu menjadi penyumbang pendapatan daerah sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga ke level berikutnya.

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah saat memberikan saran dan masukan dalam pembangunan Destinasi Digital Pasar Singgah Bung Karno pada GenPi.

Tak ketinggalan di Provinsi Bengkulu tercinta, melalui berbagai kegiatan promosi wisata khususnya via media sosial (medsos), oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Bengkulu, kini membangun destinasi wisata yang didukung penuh oleh komunitas digital di Provinsi Bengkulu.

GenPi sendiri merupakan sebuah komunitas yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI dan merupakan pengejawantahan dari program promosi wisata “go digital” yang tengah gencar dilakukan Kemenpar sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata Indonesia.

Kali ini, GenPi Bengkulu membangun Destinasi Pasar Digital Pasar Singgah Bung Karno.

Pemilihan tempatnya yang strategis, di sekitar area rumah peninggalan BUng Karno, diyakini pasar ini akan mudah dijumpai oleh wisatawan, baik itu dari dalam maupun luar daerah.

Mengapa disebut Destinasi Digital? Sejatinya pasar ini memang hampir sama saja dengan pusat-pusat penjualan yang lainnya, tempat berkumpulnya para penjual dan bertemunya para penjual ini dengan pembeli.

Namun demikian, yang membedakannya, GenPi Bengkulu secara khusus akan membantu melakukan promo-promo setiap produk yang dijual pedagang. Baik itu berupa kerajinan, kuliner maupun produk lainnya.

Promo sendiri dilakukan melalui media sosial, blog, vlog dan berbagai media digital yang dimiliki oleh setiap anggota GenPi Bengkulu.

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan GenPi Bengkulu ini jelas memberikan dampak positif bagi promosi wisata menuju Visit Wonderful Bengkulu 2020. Beberapa kegiatan yang dilakukan seperti Destinasi Digital Pasar Singgah Bung Karno ini, diyakini dapat memacu promosi wisata Bengkulu ke nasional bahkan internasional, sehingga berimbas pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi daerah.

“Saya kira kegiatan yang dilaksanakan komunitas Genpi ini jelas membantu Pemprov Bengkulu dalam upaya promosi wisata Bengkulu. Saya harap Destinasi Digital ini bisa digelar secara terus-menerus, sehingga berdampak positif bagi ekonomi masyarakat,” ungkap Rohidin Mersyah pada audiensi bersama GenPi Bengkulu, di Ruang Kerja Plt Gubernur Bengkulu, Selasa (16/10).

Hadir dalam audiensi ini, Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, Kadis Pariwisata Provinsi Bengkulu Yudi Satria dan Kabag Humas dan Protokol Setda Provinsi Bengkulu, Sri Hartika.

Juru bicara GenPi Bengkulu Krisna Gamawan menjelaskan, Destinasi Digital Pasar Singgah Bung Karno akan dilaunching pada 20 Oktober 2018. Dalam destinasi digital tersebut juga akan ditampilkan beberapa kerajinan, makanan dan kreatifitas masyarakat khas Bengkulu.

DATANG dan singgahlah sejenak di Pasar Singgah Bung Karno. 

“Destinasi digital ini merupakan implementasi program promosi wisata “go digital” yang tengah gencar dilakukan Kemenpar. Kami berharap apa yang dilaksanakan GenPi Bengkulu ini bisa mengoptimalkan promosi wisata Bengkulu,” jelasnya.

Selain itu, dengan berbagai kegiatan promosi wisata ini, Krisna juga mengharap dukungan penuh dari Pemprov Bengkulu, sehingga upaya mempromosikan wisata Bumi Rafflesia bisa semakin maksimal.

Selamat malam, Kisanak. Mari ngopi di Pasar Singgah Bung Karno!