PADA saat memiliki uang, kebanyakan orang tentu tidak langsung menghabiskan semua uangnya begitu saja. Karena, ada kalanya uang tersebut dialihkan untuk berbagai hal lainnya agar tidak langsung dikonsumsi semuanya begitu saja. Biasanya, jika uang tersebut tidak digunakan untuk kebutuhan konsumsi maka dua hal yang dilakukan yakni menabungnya dalam bentuk tabungan atau menginvestasikannya.

Dua aktifitas ini sama-sama menyimpan uang agar bisa digunakan di kemudian hari, namun apa yang membedakan antara tabungan dan investasi?

Tabungan tidak mengubah nilai nominal uang

Jika Anda mengalokasikan uang Anda untuk ditabung, maka sebetulnya uang yang Anda tabung akan tersimpan begitu saja tanpa adanya perubahan apapun. Maksudnya, uang yang Anda simpan akan memiliki nominal yang sama dikemudian hari jika ditabung secara manual atau dengan menggunakan rekening tabungan tanpa bunga.

Misalnya, jika Anda menabung uang sejumlah 1 juta maka dalam waktu satu tahun uang yang Anda tabung akan tetap memiliki nilai sejumlah 1 juta. Hal ini bisa menjadi hal yang merugikan karena nilai riil uang akan terus menurun seiring berjalannya waktu jika uang Anda masukkan kedalam bentuk simpanan begitu saja.

Investasi Bisa mengikuti nilai riil uang

Berbeda dengan tabungan, investasi tergolong lebih menguntungkan karena Anda bisa mengembangkan uang yang Anda miliki secara perlahan. Maksudnya, ketika Anda mengalihkan uang untuk diinvestasikan maka secara tidak langsung uang Anda akan berkembang dan mengikuti nilai riil dari uang tersebut.

Misalnya, ketika Anda memiliki uang 1 juta dan memilih untuk menginvestasikannya pada peluang investasi yang memberikan imbal hasil pasti, maka uang itu akan berkembang dengan nilai yang telah dijanjikan sebelumnya.

Hal ini akan menguntungkan Anda karena uang yang Anda miliki akan mengikuti nilai asli uang seiring berjalannya waktu.

Mana yang sebaiknya dipilih?

Lalu, mana yang sebaiknya dipilih antara tabungan atau investasi? Keduanya bisa Anda pilih tergantung tujuan skema perencanaan keuangan yang telah Anda buat. Ketika Anda membutuhkan dana tunai dalam waktu singkat maka ada baiknya Anda mengalokasikan uang tersebut pada tabungan terlebih dahulu. Namun, apabila Anda ingin uang yang Anda miliki berkembang dalam jangka waktu tertentu maka menginvestasikan uang tersebut jadi hal yang bijak.

Apakah Kisanak ingin berinvestasi? INGAT PELUANG DAPAT ANDA CIPTAKAN SENDIRI!