MEMILIH produk perlengkapan makan bayi harus didasarkan pada faktor keamanan dan kesehatan. Salah satu alat makan aman untuk digunakan bayi adalah yang berlabel food grade. Di https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/mengapa-bunda-harus-menggunakan-sabun-cuci-food-grade-untuk-perlengkapan-makan-bayi akan dijelaskan mengapa menggunakan alat makan dengan label food grade adalah sebuah keharusan.


Berikut beberapa kode produk pada wadah makanan:

● Kode Nomor 1
Wadah makanan dengan kode 1 ini bersifat jernih, kedap gas dan air, serta tergolong kuat. Hanya saja produk ini biasanya tidak tahan dipanaskan di suhu yang mencapai 80° Celsius. Bahan baku pembuatan wadah ini lebih dikenal dengan nama Polietilen Tereftalat (PET).

● Kode Nomor 2
Wadah makanan yang terbuat dari plastik high density polyethylene (HDPE) akan lunak jika dipanaskan pada suhu 75° Celcius. Pemanfaatan plastik jenis ini biasanya dipakai untuk wadah botol susu cair, atau jus.

● Kode Nomor 3
Wadah makanan yang terbuat dari plastik jenis PVC ini tidak tahan dipanaskan pada suhu 80° Celsius. Biasanya dipakai sebagai wadah untuk minyak, kecap, dan bungkus makanan.

● Kode Nomor 4
Biasa dipakai untuk wadah yoghurt atau kantong makanan. Bahan bakunya adalah low density polyethylene.

● Kode Nomor 5
Bahan plastik yang digunakan pada wadah makanan berlabel kode 5, biasanya memiliki sifat keras namun fleksibel. Bahan satu ini juga kuat dan tidak meleleh jika dipanaskan hingga mencapai suhu 140° Celsius. Botol susu bayi, merupakan salah satu produk yang menggunakan plastik jenis ini.

● Kode Nomor 6
Wadah ini dibuat dari polystyrene, yang tidak tahan pada suhu panas. Penggunaan wadah dengan kode ini tidak bisa dapat lebih dari satu kali, karena sangat berbahaya.

● Kode Nomor 7
Wadah plastik dengan kode 7, dibuat dari berbagai campuran bahan baku plastik.

Pilih wadah plastik untuk alat perlengkapan makan bayi, yang aman dan tahan dalam suhu tinggi ketika dipanaskan.

Selain harus berhati-hati saat memilih wadah makan bayi, Anda juga harus memperhatikan deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaiannya.

Kulit bayi yang tipis dan jaringan antar selnya yang masih renggang, dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit. Gunakan https://www.sleekbaby.co.id/products/detail/baby-laundry untuk deterjen pakaian bayi Anda, karena aman dan tidak menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit.



Kisanak, merawat bayi itu harus benar-benar hati-hati. Sebab kulit muda dan sistem imun yang belum sempurna membuat kita harus ekstra hati-hati dalam memilih produk yang berhubungan dengan bayi. Informasi lainnya, Kisanak bisa mengunjungi www.sleekbaby.co.id.