SEJAK berada di dalam kandungan, nutrisi untuk janin memang sudah harus dipenuhi, dengan tujuan untuk mencegah bayi lahir cacat karena kekurangan asupan nutrisi dan juga dipakai untuk mengoptimalkan perkembangan otak bayi sehingga nantinya mereka menjadi anak yang cerdas. Salah satu senyawa yang memiliki peran penting dalam melahirkan anak cerdas adalah DHA, kenali peran senyawa tersebut di sini https://www.guesehat.com/peran-dha-omega-3-untuk-kecerdasan-otak.


DHA penting untuk pertumbuhan anak sejak dalam kandung.


DHA sendiri kependekan dari Docosahexaenoic Acid, asam lemak yang termasuk dalam kelompok Omega-3, yang salah satu fungsinya adalah membantu pembentukan neuron dan transporter glukosa. Ini adalah nutrisi utama yang membantu otak berfungsi.

Pada dasarnya senyawa-senyawa semacam ini bisa dengan mudah dijumpai pada produk makanan yang dikonsumsi setiap hari, seperti diantaranya adalah susu, telur, ikan dan juga daging. Sayangnya, terkadang ibu yang sedang hamil tidak bisa mengkonsumsi semuanya karena terlalu mual dan sering kali muntah.

Namun jangan khawatir karena tetap bisa dicukupi dengan suplemen atau multivitamin yang banyak dijual di apotik. Lalu sebenarnya apa saja manfaat dari DHA ini selain untuk menunjang kecerdasan otak anak, berikut yang harus diketahui:

1. Perkembangan retina mata, selain untuk kecerdasan maka DHA juga memiliki fungsi untuk mengisi komposisi lemak yang ada pada retina. Retina ini adalah bagian yang sangat penting dari indera penglihatan tersebut, karena digunakan untuk ketajaman visual, sehingga semakin bertambahnya usia terkadang retina tak lagi berfungsi dengan baik sehingga mulai mengalami rabun.

2. Menjaga kesehatan hati, hati adalah organ yang perannya begitu penting di dalam menetralkan racun. Sehingga harus dijaga kesehatannya, DHA ini berperan serta di dalammemelihara lemak pada bagian hati agar tetap sehat sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

3. Menjaga kesehatan jantung, manfaat penting lainnya adalah pada organ tubuh yang paling vital yaitu jantung. Dengan ketercukupan DHA maka nantinya jantung akan bisa bekerja sebagaimana mestinya untuk memompa darah, membuatnya tetap sehat.

Sangat banyak bukan perannya di samping untuk menunjang kecerdasan buah hati, bahkan kebutuhannya tak hanya ketika janin masih dalam kandungan saja, melainkan juga selamanya.

Lindungi buah hati Anda dengan memberikan asupan nutrisi terbaik untuk mereka, juga menjaga kebersihan lingkungan, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, resiko terkena diare dan DBD kian tinggi.



Nah kan, Kisanak sudah paham kan kenapa DHA sangat penting? Untuk info kesehatan lebih lengkap, kunjungi guesehat.com.