SIAPA saja kemungkinannya dapat mengalami sesak napas. Terjadinya sesak napas ini biasanya akan disertai dengan rasa nyeri pada bagian dada. Jika terjadinya serangan sesak napas ini secara tiba tiba kepada kamu ataupun orang orang yang ada disekitarmu, maka langkah apa saja yang harus dilakukan untuk meredakannya?

Mengingat sesak napas ini dapat mematikan maka kamu harus mengetahui cara mengatasi sesak nafas yang benar sebagai pertolongan pertamanya.


Tetapi sebelum kamu mencari tahu cara mengatasi sesak nafas, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu hal hal yang menyebabkan seseorang terserang sesak napas. Ada beberapa penyebab sesak napas yang perlu diwaspadai seperti :

  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis
    Umumnya orang dengan gejala PPOK ini akan mengalami gejala sesak yang kronis ataupun akut. Penyakit ini sebenarnya akan terjadi pada saat terjadinya kerusakan kantung udara yang ada didalam paru. Sehingga paru akan kesulitan untuk mengambil udara dan akhirnya akan terjadinya sesak napas.
  • Asma
    Asma merupakan sebuah penyakit sesak nafas lainnya yang umum dialami. Terjadinya sakit asma ini adalah pada saat saluran pernapasan mengalami peradangan sehingga membengkak dan dihasilkannya lendir yang berlebihan. Kondisi seperti inilah yang nantinya akan menimbulkan gejala sesak napas.
  • Pneumonia
    Pneumonia merupakan sebuah penyakit yang terjadi pada saat satu atau kedua bagian paru paru mengalami peradangan yang diakibatkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur.
  • Penyakit Paru Interstisial
    Penyakit paru interstisial merupakan sekelompok penyakit yang akan menyerang jaringan kantung paru. Terjadinya gangguan kesehatan ini ditandai oleh munculnya jaringan parut pada kantung paru sehingga akan semakin kecilnya ruang penyimpanan udara.
    Berikut 10 cara yang benar untuk mengatasi sesak nafas sebagai pertolongan pertamanya diantaranya yaitu:


1. Dengan Membawa ke Tempat Yang Lebih Tenang Atau Jauh dari Keramaian
Pada saat penderita mengalami sesak napas maka bawa penderita tersebut menjauh dari kerumunan. Pada saat si penderita dibawa ke tempat suasana yang tenang maka ini penting untuk bisa membuat stabilnya kondisi si penderita.

2. Dengan Segera Memanggil Bantuan Medis
Pada saat adanya penderita yang mengalami sesak napas maka langkah yang harus dilakukan untuk bisa menolongnya adalah dengan segera memanggil bantuan medis. Oleh karena itu sangat penting untuk kamu menyimpan nomor darurat pusat kesehatan ataupun rumah sakit yang bisa membantu.

3. Memberi Kenyamanan dengan Posisi Duduk
Untuk memberikan rasa nyaman si penderita sesak napas maka buatlah posisi duduk yang benar atau yang benar benar akan membuatnya nyaman. Supaya lebih nyaman cobalah berikan sandaran untuknya. Supaya posisinya lebih tinggi dari kaki cobalah untuk menempatkan bantal dipunggung ataupun kepala si penderita.

4. Jangan Membiarkan Si Penderita Tiduran
Orang yang awam kemungkinannya akan mengira dengan menidurkan si penderita sesak napas akan membuatnya nyaman. Padahal cara yang dilakukannya itu salah besar, karena yang terbaik adalah posisi duduk. Hal tersebut dikarenakan dengan duduk maka akan mudah lebih berkembangnya paru paru dan menghirup oksigen juga akan lebih lancar.

5. Ingatkan Si Penderita Untuk Bernapas Dengan Panjang dan Dalam
Cobalah untuk menenangkan si penderita dengan memintanya untuk menarik napas panjang dan dalam secara perlahan. Lalu arahkan si penderita untuk menarik napas melalui hidungnya dan suruh untuk menahannya selama 3 detik, kemudian hembuskan melalui mulut.

6. Melonggarkan Pakaian Penderita Supaya Si Penderita Lebih Mudah Bernapas
Supaya si penderita sesak napas mudah bernapas cobalah untuk melonggarkan pakaiannya. Terlebih jika pakaian yang digunakannya itu ketat dan tebal.

7. Memberikan Air Hangat Untuk Menghangatkan Dada Penderita
Dengan memberikan air hangat kepada penderita sesak napas, maka dapat membantu untuk mengembalikan jalan napas seperti sedia kala. Oleh karena itu berikan air hangat secukupnya kepada penderita sesak napas.

8. Memberikan Obat Pereda Sesak Napas
Jika dirasa diperlukan cobalah untuk memberikan obat pereda sesak napas seperti nebuliza ataupun salbutamol. Jika kondisinya memungkinkan cobalah untuk bertanya kepada si penderita apakah dirinya sudah mempersiapkan obat sendiri atau tidak.

9. Berikan Pijatan Pada Jempol Si Penderita
Titik syaraf pada paru paru adalah jempol kaki. Oleh karena itu untuk membantu penderita sesak napas, cobalah untuk menekan 3 hingga 5 cm ruas ibu jari si penderita. Dengan melakukan cara ini maka akan dapat membantu normalnya kembali jalan napas penderita sesak napas. Yang perlu diingat adalah lakukan cara ini perlahan saja dan jangan terlalu keras karena ini hanya akan membuat semakin parahnya penderita sesak napas.

10. Pastikan Si Penderita Mendapat Penangan Medis dari Ahli
Memang sesak napas ini bisa berhenti, meski begitu pastikan si penderita sesak napas memeriksakan dirinya ke dokter. Dengan begitu nantinya si penderita akan mengetahui diagnosisnya. Terlebih jika penderita sesak napas tersebut baru pertama kali mengalaminya.

Itulah 10 cara yang benar untuk mengatasi sesak napas sebagai pertolongan pertamanya. Dengan memberikan pertolongan yang benar dan tepat maka akan dapat menyelamatkan si penderita sesak napas. Sehingga tidak ada salahnya untuk kamu mengingatnya dengan baik.



Semoga Kisanak memahami apa yang harus dilakukan jika menemukan kasus sesak nafas.