KISANAK PASTI TAHU? Koyo merupakan jenis pengobatan sederhana yang paling banyak dipilih orang ketika pegal-pegal karena kemudahan penggunaannya dan sedikit efek sampingnya. Anda dapat mengaplikasikan koyo hampir di semua bagian tubuh, salah satu yang paling sering dipakai adalah koyo untuk nyeri otot pundak. Namun, sebenarnya seperti apakah cara kerja koyo sehingga ampuh untuk meredakan nyeri otot dan sendi di tubuh? Berikut ini penjelasannya.

Cara Kerja Koyo dalam Meredakan Nyeri Otot

Meski memiliki efek panas karena mengandung capsaicin, namun koyo sejatinya tidak hanya mengandung capsaicin. Koyo mengandung glycol salicylate, menthol, dan biofreeze yang berfungsi untuk meredakan nyeri otot maupun persendian pada tubuh.

Obat ini kemudian meresap melalui kulit dan masuk ke pembuluh darah untuk meredakan radang dan sakit dalam tubuh. Capsaicin juga berfungsi untuk mengurangi zat alami tertentu dalam tubuh, yaitu substansi P yang memberikan sinyal ke otak berupa rasa sakit. Rasa panas dari koyo juga dapat anda manfaatkan sebagai koyo penghangat.

Cara kerja koyo secara sederhana di kulit sebagai berikut: Kulit manusia sebenarnya terdiri dari tiga lapis. Lapisan pertama (epidermis) merupakan lapisan terluar tempat dimana koyo ditempelkan. Lapisan kedua (dermis) adalah lapisan di bawah epidermis yang mengandung kelenjar minyak, folikel rambut, pembuluh darah, kelenjar keringat dan ujung saraf. Obat dari koyo akan meresap ke dalam lapisan ini. Lapisan ketiga (hypodermis) adalah lapisan terdalam yang menyimpan lemak dalam tubuh.



Kandungan obat yang terkirim ke lapisan dermis kemudian meresap ke pembuluh darah ke aliran darah. Obat yang sudah berada di aliran darah ini kemudian disebar ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah. Sehingga, anda tak perlu khawatir memanfaatkan koyo untuk nyeri otot pundak maupun nyeri di bagian tubuh lainnya.

Adakah Efek Samping Penggunaan Koyo?

Efek samping penggunaan koyo sebenarnya sangat jarang terjadi dan hanya muncul pada orang tertentu saja. Biasanya, efek samping yang dapat muncul berasal dari rasa panas yang berlebih dari koyo hingga membuat kulit terasa terbakar, memerah, dan panas. Ataupun jika anda memang memiliki alergi terhadap kandungan tertentu dari koyo tersebut, maka sebaiknya segera hentikan pemakaian.

 



Apakah kisanak masih mau tahu produk koyo yang lain untuk menghilangkan nyeri? Cek di sini