SETIAP perusahaan yang berinvestasi dan menjalankan bisnis di Indonesia tentu berharap kondisi bisnisnya berjalan dengan baik. Tapi, hal ini tentu tidak bisa terjadi begitu saja karena ada berbagai hal yang dapat mempengaruhi bisnis yang dijalankan perusahaan. Salah satunya yakni kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah. Lalu, bagaimana cara untuk menyikapi kebijakan yang dirasa kurang menguntungkan bagi perusahaan? Inilah beberapa caranya.


Menggenjot penjualan

Agar performa perusahaan tetap stabil, perusahaan bisa menggenjot penjualan yang dilakukan. Menggenjot penjualan dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan laba perusahaan disaat situasi yang kurang menjanjikan. Menggenjot penjualan bisa dilakukan dengan memasarkan produk secara online atau memasarkannya ke luar negeri. Sehingga, performa perusahaan akan tetap terjaga atau bahkan menunjukkan angka yang positif dibandingkan periode sebelumnya.


Menggenjot iklan

Selain penjualan, menggenjot iklan juga bisa menjadi cara yang tepat untuk menjaga performa perusahaan. Iklan yang ditampilkan oleh perusahaan akan meningkatkan brand awareness dimata customer dan membuat para customer tertarik untuk membeli produk dari perusahaan Anda. Sehingga, penjualan akan tetap meningkat dan perusahaan bisa bertahan dalam kondisi kebijakan ekonomi yang dirasa kurang menguntungkan.


Bangun reputasi baik kepada konsumen

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah membangun reputasi baik di mata konsumen. Reputasi yang baik bisa tercipta apabila perusahaan Anda mampu mendekatkan diri ke konsumen. Untuk mendekatkan diri dengan konsumen, perusahaan dapat melakukan kampanye yang bermanfaat bagi konsumen atau memberikan promo kepada konsumen agar lebih tertarik. Sehingga, konsumen akan mengingat terus produk Anda serta mampu membuat perusahaan bertahan saat kondisi sedang kurang menguntungkan.

Itulah 3 cara yang bisa dilakukan perusahaan dalam menyikapi kebijakan ekonomi yang dirasa kurang menguntungkan. Tiga cara diatas merupakan contoh langkah-langkah yang pernah dilakukan CEO Mayora dalam mengembangkan bisnisnya. Sebagai perusahaan besar, Mayora berhasil mengatasi kebijakan ekonomi Indonesia yang dirasa kurang menguntungkan bagi sektor consumer. Sehingga, performa perusahaan tetap terjaga dan kepercayaan publik terhadap perusahaan juga tetap terjaga.



Itulah beberapa tips menghadapi kebijakan ekonomi yan kurang menguntungkan. Semoga bermanfaat hingga Kisanak mencapai target bisnis.