KETIKA Anda hamil, masa itulah yang paling krusial. Pasalnya, Anda harus memastikan kesehatan untuk diri sendiri dan kesehatan calon bayi (janin). Maka, ketika Anda hamil, sebaiknya mengkonsumsi nutrisi tambahan selain asupan hari-hari biasa. Hal itu diperlukan karena multivitamin dan mineral penting sejak awal kehamilan.

Acapkali vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat hamil adalah dengan mengonsumsi suplemen. Lantas, mungkinkan konsumsi suplemen baik untuk kesehatan ibu hamil dan calon bayinya? Pada perjumpaan kali ini kami akan membahasnya supaya Anda atau istri Anda tidak ragu-ragu dan khawatir lagi.

Suplemen atau multivitamin sebenarnya aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selagi kandungan nutrisi esensialnya berguna untuk perkembangan janin pada 1.000 hari pertama kehidupan. Sebab, 1.000 hari pertama kehidupan janin adalah periode percepatan tumbuh-kembang yang dimulai ketika terbentuknya janin hingga anak usianya dua tahun.


Nutrisi esensial yang ada di multivitamin dibutuhkan untuk perkembangan bayi, yang terdiri atas zat besi, yoidum, asam folat, minyak ikan, odourless, betakaroten alami, dan lainnya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi 6 nutrisi esensial demi kehamilan yang baik dan sehat. Kalau 6 nutrisi esensial tersebut tidak Anda penuhi, bakal memengaruhi perkembangan yang berimbas pada kualitas kesehatan anak seumur hidup.bahwa kandungan asam folat sebelum dan selama masa hamil sangat penting dikonsumsi karena dapat mengurangi risiko neural tube defect (cacat tabung saraf).

Yodium dibutuhkan untuk proses perkembangan otak bayi dan kemampuan visual motorik serta indra pendengar. Berarti, asupan yodium sangat dibutuhkan demi mengurangi risiko autisme dan gangguan perilaku. Selanjutnya, Odourless fish oil yang banyak omega 3 harus dikonsumsi ibu hamil karena perannya penting untuk perkembangan otak bayi yang sehat, indra penglihatan, dan sistem saraf.

Demi mendapatkan kesehatan, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang terdapat kandungan zat besi untuk mendukung stamina tubuh dan mengurangi kelelahan. Lalu, betakaroten alami dapat membantu sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin.

Melihat keperluan tersebut, sebaiknya Anda mempertimbangkan diri ketika ingin membeli/mengonsumsi suplemen. Perhatikan kandungan dan efeknya untuk kesehatan diri sendiri dan janin.


Nah Kisanak, kamu juga bisa temukan banyak artikel dan pengetahuan kesehatan DI SINI